Sejarah Desa

31 Januari 2017 12:18:39 WIB

Menurut cerita para sesepuh Desa dan beberapa tokoh masyarakat Desa Gawang asal usul Desa Gawang dapat diuraikan dengan singkat bahwa Desa Gawang berdiri sejak ada penjajah. Pada saat itu kondisi desa masih banyak hutan sehingga jumlah penduduk belum begitu banyak. Hanya pada suatu saat datanglah tiga orang dari kota Semarang dengan sebutan Iro Mertan, mereka adalah seorang yang keplayu karena ketakutan sama penjajah. Mereka singgah atau ndedep disuatu tempat yang mana tempat mereka tersebut dinamakan Ndadapan yang sampai sekarang masih tetap dadapan menjadi dusun di desa Klesem.

Mereka bertiga adalah:

  1. Amat Sari
  2. Ambar Sari
  3. Gending Sari

 

Hari demi hari ketiga orang tersebut diatas membagi diri yang antara lain Amat Sari ke Timur sekarang disebut Dusun Krajan Desa Gawang, Ambar Sari tetap di Dadapan dan Gending Sari ke Selatan, menuju Banar Desa Karanganyar. Nama Amat Sari yang ke Krajan bliau melihat situasi wilayah dari atas dikatan wilayah itu kelihatan Gnawing-gawang dalam arti terang menurutnya jika dihuni atau ditempati rumah kelihatannya akan ingah dan baik.

Tidak lama kemudian datanglah Ratu Solo kebetulan ketemu dengan Amat Sari yang selanjutnya berbincang-bincang yang menurutnya bahwa Amat Sari adalah seorang yang pantas menyebarluaskan agama Islam dimana pada saat itu pula nama Amat Sari diganti nama Nur Imam oleh Ratu Solo. Sehingga Nur Imam bersama dengan masyarakat setempat memutuskan wilayah itu sebagai Desa, yang dinamakan Desa Gawang yang telah mendapat kesepakatan dari warga masyarakat setempat, yang hari demi hari karena Amat Sari merupakan tokoh agama Islam bersama dengan masyarakat sekitarnya mengembangkan ajaran agama islam yang sampai sekarang maka nama dusun Krajan Desa Gawang penduduknya masih tetap baik dan peduli terhadap ajaran islam.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

LINK PPID

Lokasi GAWANG

tampilkan dalam peta lebih besar